Home / Dakwah Islam / Beramal Tanpa Ilmu Maka Ditolak
pengajian ldii
pengajian ldii

Beramal Tanpa Ilmu Maka Ditolak

Allah SWT telah mengqodarkan kita semua menjadi manusia, bersyukurlah karena dalam hidup yang 1 kali ini kita telah ditetapkan dalam agama yang diridhoi-Nya yaitu Agama Islam, ditandai dengan membaca Sahadat, melaksanakan Sholat 5 waktu, mengeluarkan zakat atas harta yang kita miliki, mengerjakan puasa dibulan Ramadhan, dan berhaji kebaitullah (sebut saja “Rukun Islam”).

QS 3:19….إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ

“Sesungguhnya, agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanyalah Islam”.. QS: Ali Imron 19

Tidak berhenti sampai disitu, perjalanan kita masih panjang sampai tutup ajal masing-masing. Kita terus diperintah oleh Allah SWT untuk selalu mengamalkan Ibadah Wajib yang telah ditetapkan, juga dianjurkan oleh Rosullullah SAW untuk mengamalkan ibadah sunnah sebagai amalan andalan yang dapat meningkatkan drazat surga dan memberatkan timbangan amal kelak.

pengajian ldii di kampar
pengajian ldii di kampar

Perlu diketahui bahwa sebelum mengamalkan sesuatu, kita diharuskan untuk mencari Ilmunya terlebih dahulu. Sebagai seorang Muslim kita dituntut / wajib untuk mencari ILMU untuk mencari syahnya amalan, apakah amalan yang kita ketahui atau yang belum itu benar-benar dari Rosul. Karena dengan kita mengetahui ilmunya maka Allah SWT akan menerima apa yang kita kerjakan.

ﻃَﻠَﺐُ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻓَﺮِﻳْﻀَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ

Menutut Ilmu Wajib atas semua orang islam.. HR Ibnu Majah

مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ

Barangsiapa beramal dengan sesuatu amalan yang tidak datangnya daripada perkara atau urusanku maka  ditolak (oleh ALLAH SWT)

Khususnya bagi seseorang yang berbicara atau mengajarkan sesuatu atas dasar persangkaannya, tanpa diketahui dasar ilmu nya terlebih dahulu, maka sungguh ditolak walaupun persangkaan itu benar. Berdasarkan Sabda Rosululloh SAW :

Man Qola Fii Kitabillah Aza Wajalla biro’sihi fa ashoba, Faqod’ Akhto.. HR Abu Daud
Barangsiapa berbicara tentang Kitabullah (Al-Quran) Azza wa Jalla dengan ro’yi (pendapat-nya sendiri), walaupun benar maka sungguh-sungguh (hukumnya) tetap salah”

Disamping Amalan kita menjadi sah , juga bagi orang yang rajin mencari Ilmu terutama memperdalam ilmu agama, Allah SWT akan mengangkat Drajatnya orang tersebut.

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ اَمَنُوْا مِنْكُمْ وَ الَّذِيْنَ اُوْتُوْا الْعِلْمَ دَرَجَتٍ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Al-Mujadilah:11)

MARI KITA TINGKATKAN DERAJAT KITA DENGAN BANYAK MENGAJI (MENCARI ILMU)

***

Notes :

Itulah hal yang menjadi landasan LDII untuk merutinkan pengajian mulai dari tingkat Dewan Perwakilan Pusat (DPP), Dewan Perwakilan Wilayah (DPW), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Pengajian dikonsep berdasarkan tingkatan mulai Anak-anak, Remaja, Orangtua, dan Lansia. Adapun Materi yang dikaji bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadist dengan tujuan agar amalan yang dikerjakan warga LDII Syah dan diterima oleh ALLAH SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Powered by themekiller.com