Home / Dakwah Islam / Bayarlah hutang puasa sebelum Ramadhan tiba kembali !!
lampu sentir zaman dulu
lampu sentir

Bayarlah hutang puasa sebelum Ramadhan tiba kembali !!

Bayar Hutang Puasa sebelum Ramadhan Tiba Kembali – Puasa Ramadhan menjadi salah satu ibadah yang diwajibkan bagi seluruh Umat Islam, puasa yang dilaksanakan selama 1 bulan penuh dibulan Ramadhan. Tentu bagi yang tidak mengerjakan dengan sengaja tanpa ada syariat yang dibenarkan maka hukumnya Dosa Besar. Apalagi lagi puasa menjadi bagian dari rukun islam atau syarat menjadi orang islam yang sesungguhnya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183)

Sangat jelas sekali, Orang yang melaksanakan perintah Puasa Ramadhan,  ia termasuk hamba Allah yang ber-Taqwa. Lantas bagaimana bagi mereka yang tidak melaksanakan puasa? maka supaya bertaubat kepada Allah dengan taubatan Nasuha.

Hanya saja ada beberapa orang yang memang diberi kemurahan (Rukhso), diperbolehkan untuk tidak melaksanakan puasa. Mereka adalah orang yang sedang sakit, musafir / orang sedang bepergian, orang yang sudah sangat tua (sepuh), wanita hamil atau menyusui, Wanita haid atau nifas.

 

Namun, bagi mereka hukumnya berhutang maka wajib memberikan ganti sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rosul misal nya seperti orangtua mereka harus membayar fidyah atau membayar puasa dihari selain bulan Ramadhan.

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-Baqarah: 184)

Maka dari itu, bagi Muslim atau Muslimah yang memiliki hutang puasa dihari selain bulan Ramadhan segera membayar atau mengganti sebelum masuk puasa Ramadhan berikutnya. Mengganti sesuai jumlah puasa Ramadhan yang telah ditinggalkan. Boleh dikerjakan secara berutut – turut boleh juga berselang hari. Itulah disebut dengan Mengqodho Puasa Ramadhan

Powered by themekiller.com