Ada 3 Hal yang Membuat Jiwa Tidak Sehat

0
69

Jakarta – Pernahkah kamu menyaksikan ada seorang atau kelompok berbuat anarki? tapi menurut penyaksian teman -teman atau warga sekitarnya nya dia adalah pribadi yang religius, rajin, pokoknya yang baik baik..

Kenapa? Menurut pakar pembelajaran holistik Dr. Ir. Ratna Megawangi, M. Sc saat memberi pembekalan dalam Rakernas LDII 2018, “karakter yang baik adalah adanya konsistensi yang baik antara apa yang mereka fikirkan, katakan, dan perilaku yang di tampilkan. sebaliknya, karakter yang tidak baik adalah yang tidak adanya konsistensi antara ketiga hal tersebut”.

Ternyata karakter di pengaruhi oleh 3 hal berikut ini:

1. Nurani/empati tumpul

Penyebabnya bisa karenakan seseorang mendapatkan pengasuhan dilingkungan yang menimbulkan perasaan negatif, misal sering dimarahi, di pukuli, di banding – bandingkan. Termasuk pengalaman yang membuat dia takut dan membuatnya bosan.

2. Sulit mengontrol Emosi

Nafsu adalah integrasi antara akal dan qolbu ketiga hal tersebut akan menjadi perilaku yang akan di sebut dengan akhlak /karakter. Qolbu atau hati dipengaruhi oleh emosi, sehingga ketika akal bisa dan hati sudah tidak sinkron karena pengaruh emosi terlalu besar, maka akan timbul perilaku.

3. Sifat hewani yang terlalu mendominasi

Sifat hewani yaitu perilaku yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya. Mudah terpancing emosi, agresif dan teritorial. Teritorial bukan sebatas hanya berusaha mempertahankan wilayahnya, tapi terlalu fanatik dengan panutanya, golongan nya, juga disebut teritorial.

“Kualitas berfikir di dorong oleh emosi, emosi positif sebagai senjata ampuh pembangunan bangsa, mari bangun bangsa dengan ciptakan lingkungan yang positif,” tutup Ratna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.