Home / Dakwah Islam / 3 Jenis Dosa Manusia yang Harus Diketahui dan Dihindari
Menghapus Dosa
Menghapus Dosa

3 Jenis Dosa Manusia yang Harus Diketahui dan Dihindari

LDII Lampung – Ada beberapa jenis dosa yang harus kita ketahui besama agar kita senantiasa berhati hati dengan dosa, karena sekecil apapun dosa akan didatangkan besok dihari kiamat.

Dosa itu tebagi menjadi 3 cabang yaitu ; Dosa kepada Allah, Dosa kepada manusia, dan Dosa kepada diri sendiri.

Dan kami akan menjabarkan sesederhana mungkin, semoga bisa dipahami.

Dosa kepada Allah (Syirik)

Adalah dosa yang paling besar, syirik merupakan pelanggaran atas ketauhidan atau keesaaan Allah, seorang yang tidak percaya bahwa Allah lah tuhan yang esa dan tidak ada yang berhak untuk disembah kecuali Allah maka dia telah melakukan perbuatan syirik, dan orang yang melakukan syirik disebut musyrik, saking besarnya dosa ini bisa menghancurkan amalan lain dan pelakunya diancam masuk kedalam neraka, Perhatikan dalilnya :

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS. An Nisa’: 48).

Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al An’am: 88).

Barangsiapa yang mati dalama keadaan tidak berbuat syirik pada Allah dengan sesuatu apa pun, maka ia akan masuk surga. Barangsiapa yang mati dalam keadaan berbuat syirik pada Allah, maka ia akan masuk neraka” (HR. Muslim no. 93).

Dosa Kepada Manusia.

Sebetulnya banyak contohnya, seperti menipu, mencuri, menghina, mengunjing, mencaci, menganiaya, namun puncak dosa ini adalah membunuh, dimana Allah mengharamkan seseorang untuk membunuh diri yang tidak halal untuk dibunuh. Perhatikan dalilnya :

Rasulullah bersabda : “Jauhilah olehmu tujuh hal yang merusak”. Kemudian Rasulullah menghitungnya satu per satu, dan salah satu diantaranya ialah : “Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang hak”( H.R. Bukhari dan Muslim). 

“Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah jahannam, ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinyaserta menyediakan azab yang besar baginya”. (QS. Annisa 93).

Dosa Kepada Diri Sendiri

Puncak dosa ini adalah zina, dimana seorang hamba mengikuti hawa nafsunya untuk melampiaskan hasrat yang tidak dibenarkan dalam islam. Berzina juga termasuk salah satu dosa besar, perhatikan dalil berikut :

Wahai kaum Muslimin, Jauhilah perbuatan zina krn padanya ada 6 macam bahaya,

  • Tiga di dunia
  • Dan tiga di akhirat.

Adapun bahaya yang akan menimpanya di dunia ialah:

  1. Lenyapnya cahaya dari mukanya
  2. Memendek- kan umur
  3. Mengekalkan kemiskinan.

Adapun bahaya yang bakal menimpa di akhirat kelak ialah:

  1. Kemurkaan Allah Ta’ala
  2. Hisab (perhitungan) yang buruk
  3. Siksaan di neraka. (HR Baihaqi)

Tiga golongan manusia Allah tidak akan berbicara kepada mereka pada hari kiamat, tidak akan memandang kepada mereka, dan tidak akan mensucikan mereka, sedang mereka akan ditimpa siksaan yang pedih, yaitu:

  1. Orang tua yang berzina
  2. Seorang raja yang pendusta
  3. Orang miskin yang sombong. (HR Muslim).

Allahumma Ajjrina Minannar. (ya Allah jauhkanlah kami dari neraka).

Sekian semoga bermanfaat.

Powered by themekiller.com